Perkembangan Otomotif Kendaraan Listrik di Indonesia

Otomotif Indonesia semakin  Perkembangan sehingga muncul  kendaraan listrik yang mungkin semakin akrab terdengar dalam beberapa tahun terakhir.

Perkembangan otomotif Indonesia teknologi ini khususnya dengan kehadiran kendaraan mobil listrik terbaru dimasa depan. Banyak orang yang belum mengerti kendaraan listrik dan seperti apa manfaat bagi alat transportasi masa depan.

Di Indonesia pengembangan otomotif kendaraan listrik ini perlahan terus terus di kembangkan.

Apa Itu Kendaraan Listrik?

Kendaraan listrik adalah kendaraan yang digerakkan oleh tenaga listrik dari daya baterai. Disebut juga dengan Electric Vehicle (EV), jenis kendaraan paling populer adalah mobil,dan motor.

Baterai sebagai sumber daya utama dalam menggerakkan kendaraan listrik dapat diisi ulang dengan estimasi.

Mobil listrik dan motor listrik adalah jenis EV yang paling ditemui. pengembangan kendaraan listrik ternyata bukanlah penemuan yang benar-benar baru terjadi. mobil listrik pertama kali ditemukan antara tahun 1832 sampai 1839.

Perkembangan Kendaraan Listrik di Indonesia

Perubahan teknologi dalam dunia otomotif tentunya mengalami perubahan ke arah yang lebih maju misalnya dengan beredar kendaraan listrik jadi salah satu penanda dimulainya era transportasi ramah lingkungan.

Sejarah Perkembangan Listrik di Indonesia

1. Tahun 1989

Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya menciptakan Widya Wahana I, mobil listrik bertenaga surya pertama di Indonesia dan melakukan uji coba Jakarta-Surabaya..

Pada tahun yang sama Mobil Listrik Tenaga Surya (MLTS) pertama merupakan buatan mahasiswa Fakultas Teknik Elektro Universitas Trisakti juga dipamerkan.

2. Tahun 2003

Indonesia mulai dilirik kendaraan listrik buatan China, momen ini jadi awal dari mulai masuknya berbagai sepeda listrik dunia ke pasar Indonesia.

3. Tahun 2005

Ilmuwan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), menciptakan marmut listrik (Marlip). Kendaraan yang hemat energi dan bebas polusi, kendaraan listri ini dapat mencapai kecepatan 40 km/jam.

Sumber tenaga dari kendaraan ini batrai yang mampu bertahan 8 jam. Penggunaan kendaraan listrik terbatas untuk kawasan tertutup seperti Bandara, pelabuhan, dan lapangan golf.

4. Tahun 2012

Pemerintah serius memulai program pengembangan mobil listrik nasional dengan melibatkan tenaga lokal. Proyek ini bernama Putera Petir Indonesia menjadi pemicu dibentuknya konsorsium kendaraan listrik nasional.

5. Tahun 2017

Purwarupa motor listrik Ganesha 1.0 dan mobil listrik Ganesha Sakti ini dibuat oleh mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Fakultas dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha.

6. Tahun 2019

Motor listrik Gesits ini diproduksi di pabrik Sentul, Bogor dengan kapasitas 50-60 ribu unit.

Gesits merupakan hasil kolaborasi ITSN dan Kemenristek. Motor listrik ini bisa melaju hingga 100 km/jam, harga jual sekitar Rp 20 jutaan.

Motor listrik Gesits merupakan produk sukses yang saat ini berhasil bertahan di pasar otomotif.

7. Tahun 2021

Dimulainya pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Asia Tenggara, HKML Battery Indonesia, di Karawang, Jawa Barat. Pada tahun sama kendaraan listrik roda tiga mulai dikembangkan di Indonesia.

8. Tahun 2022

PT PLN menyediakan stasiun pengisian listrik umum (SPLU) tersebar di delapan titik rest area sepanjang tol Trans-Jawa Indonesia sudah memiliki 267 SPLU yang tersebar di seluruh wilayah.

Pada tahun ini banyak kendaraan listrik terbaru yang masuk ke Indonesia. Contohnya Hyundai IONIQ 5, New Nissan Leaf, BMW iX, dan Wuling Mini EV.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.