Perkembangan Dunia Otomotif Di Indonesia

Perkembangan Dunia Otomotif Di Indonesia

Perkembangan Dunia Otomotif Di Indonesia

Indonesia memiliki perkembangan yang cukup menakjubkan pada dunia otomotif. Tidak hanya sekedar pernyataan belaka namun hal ini juga didukung oleh segelintir peneliti yang melakukan analisa terhadap perkembangan otomotif yang ada di Indonesia.

Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan bahwa Indonesia merupakan salah satu perkembangan otomotif terbesar di ASEAN setelah Thailand. Indonesia akan menjadi pasar otomotif terbesar di ASEAN total kendaraan mencapai 2,3 juta.

Perkembangan ini dipicu oleh pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil, peningkatan kelas menengah dan peningkatan investasi sektor otomotif serta pemberlakuan regulasi otomotif yang mendukung pertumbuhan pasar.

Dalam persaingan dengan negara-negara ASEAN terutama dengan Thailand, Indonesia memiliki keunggulan pada jenis kendaraan seperti MPV, truck, pick-up.

Namun masih lemah untuk jenis kendaraan sedan yang saat ini masih dikuasai Thailand.

Produk Otomotif Ternama Dan Terbesar

Produk otomotif ternama seperti Honda, Isuzu, KIA, Mazda, Daihatsu, General Motor, Volks Wagen dan lainnya juga tidak mau kalah untuk menambah kapasitas produksinya karena besarnya potensi pasar mobil di Indonesia.

Inovasi Otomotif di Indonesia

Dengan pertumbuhan otomotif mobil yang cukup pesat di Indonesia, secara tidak langsung juga meningkatkan pengetahuan warga Indonesia Tentang otomotif. Banyak tipe dari berbagai merek mobil yang dapat kita ketahui seperti MPV (Multi Purpose Vehicle), SUV (Sport Utility Vehicle), sedan, pick up, coupe, dan lainnya.

Masa Depan Otomotif Indonesia

Ekonomi yang terus tumbuh serta potensi pasar yang besar menjadikan Indonesia sebagai jantung pasar otomotif ASEAN. Bukan tidak mungkin, nantinya Indonesia juga menjadi basis produksi kendaraan bermotor terbesar di Asia Tenggara.

Pasar otomotif terutama pasar mobil di Indonesia akan semakin menjanjikan di masa depan. Pasar mobil akan sukses karena Indonesia memiliki jumah penduduk yang besar namun dengan rasio kepemilikan mobil yang kecil.

Merek otomotif penjualan tertinggi di Indonesia

Setelah Toyota, Daihatsu menempati urutan kedua. Penjualan whole sales mereka tercatat sebanyak 84.243 unit, penjualan ritel 90.823 unit dengan market share retail 17,8 persen.

Daihatsu Terios menjadi kontributor penjualan ritel ketiga dengan 13.198 unit dan menyumbang market share retail 14.5 persen. Daihatsu Ayla menyumbang 11.587 unit dengan pangsa pasar 12,8 persen.

Model GranMax mini bus terjual secara sebanyak 9.087 unit dan pangsa pasar 10 persen, Daihatsu Xenia tercatat 8.608 unit laku dengan pangsa pasar 9,5 persen dan Luxio sebanyak 1.813 unit (2 persen) dan Sirion 819 unit mobil dengan pangsa pasar 0,9 persen.

Honda menempati urutan tiga dengan penjualan ritel 69.564 unit, penjualan whole sales 65.868 unit dengan market share ritel 13,6 unit. Honda Brio menjadi raja penjualan mereka dengan penjualan 26.900 untuk Brio Satya dan 9.612 unit untuk Brio RS.

Mitsubishi mendapat urutan posisi empat dengan whole sales 70.041 unit dan secara ritel 69.103 unit dengan pangsa pasar 13,6 persen. Pada bulan November, Mitsubishi Xpander Series menyumbang 68 persen dari total penjualan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.