April 23, 2024

Tips Merawat Motor Agar Tidak Cepat Rusak

0
Tips Merawat Motor Agar Tidak Cepat Rusak

Tips Merawat Motor Agar Tidak Cepat Rusak – Tentunya bagi para pengendara motor selalu ingin kendaraannya berada di performa yang baik bukan? Nah agar motor tetap berada dalam performa terbaik banyak orang yang harus mengetahui Tips merawat motor seperti berikut ini.

Motor memang bisa dibilang sebagai alat transportasi paling favorit di Indonesia baik itu Motor Listrik ataupun Motor dengan menggunakan BBM, Hal yang membuat Motor banyak diminati karena biayanya yang murah dan lebih mudah untuk melewati berbagai kemacetan di jalan-jalanan Indonesia.

Nah untuk Kalian yang baru memiliki Motor, sangat disarankan mengikuti Tips-Tips Merawat Motor yang baik agar motor Kalian tidak cepat rusak diantaranya adalah:

Tips Merawat Motor Agar Tidak Cepat Rusak

1. Menggunakan Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Jika kalian menggunakan Motor yang menggunakan BBM, sangat disarankan untuk menggunakan BBM dengan beroktan tinggi diatas 90an. Memangnya kenapa harus mengisi atau menggunakan BBM beroktan tinggi di atas 90an? Karena hal tersebut dapat mencegah mesin injector bahan bakar tidak menyisakan kerak agar mesin motor tertap sehat.

2. Sering-Sering Membersihkan Motor

Sangat disarankan Kalau Kalian harus sering-sering membersihkan motor, karena jika motor kotor bisa menggangu kinerja motor itu sendiri. Misalnya jika debu atau lumpur menempel di dekat bagian mesin motor ataupun kampas rem, tentunya bisa akan sangat bahaya jika menggunakan motor tersebut kan?

Ada baiknya kalau Kalian membersihkan motor dengan membawanya ketempat cuci motor baik itu 1 bulan sekali atau 2 minggu sekali. Namun sangat disarankan untuk pengguna motor listrik untuk mencuci motor menggunakan mesin penyemprot air agar motor tidak mengalami konsleting.

3. Hindari Membawa Barang Berlebih

Hal yang perlu Kamu ketahui juga nih, beban maksimal dalam sebuah motor listrik ataupun motor bbm ialah sekitar 120 hingga 130 kg. Beban yang berlebih dalam motor akan membuat kinerja mesin, ban, hingga shockbreaker harus bekerja lebih keras karena beban berat yang diangkut melebihi batas. Jadi sangat disarankan untuk tidak membawa barang berlebih.

4. Jangan Menerobos Banjiran

Dalam hal penggunaan banyak orang yang berani nekat dengan menerobos Banjiran entah itu untuk mengetest motor atau tidak ada jalan yang bisa diakses, sangat di sarankan jika Kalian untuk tidak menerobos banjir. Jika Kalian menerobos banjiran yang cukup tinggi bisa membuat motor Kalian mogok ataupun rusak.

Nah Itulah Tips Merawat Motor Agar Tidak Cepat Rusak yang bisa Kalian ikuti, jadi sampai jumpa dipembahasan berikutnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *