Jenis Mobil Buatan Indonesia

Jenis Mobil Buatan Indonesia

Kalian pasti mendengar tentang  Esemka ? Ya, Pabrik buatan Indonesia yang berada di Bayolali, Jawa Tengah. Esmeka bukan produk buatan Indoneisa pertama, sebelum Esemka muncul beberapa mobil ini sempat di produksi namun beberapa proyek gagal karena berbagai hal mulai dari produksi sampai pemasaran dan bagaimana sih perkembangan otomotif di Indonesia

Jenis Mobil Buatan Indonesia

Mobil Buatan Indonesia

1. Maleo

Maleo pertama kali dirilis pada tahun 1993, pengembnagnya ada Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTB) yang bekerja sama dengan perusahaan Inggris.

Meleo dirancang berbentuk sedan yang dirancang dan dijual dengan harga yang terjangkau untuk rakyat Indonesia dengan kata lain proyek ini untuk menjadikan mobil rakyat. Tetapi proyek ini terhenti karena ada proyek nasional lainnya yaitu Timor.

2. Esemka

Esemka adalah mobil yang diciptakan oleh perusahaan otomototif di solo, jawa Tengah.

Nama Esemka di ambil dari SMK yitu upaya siswa siswa untuk mengembangkan mobil nasional. Pabrik secara konsisten memanfaakan dan mengembangkan tenaga ahli anak bangsa .

Meskipun buatan Indonesia tetapi esemka tidak disebut sebagai mobil nasional karena sepenuhnya kelolah oleh swasta, bukan dari pemerintah.

3. Mahesa

Mahesa sangat mumudahkan pentani untuk membajka sawah. Memiliki 3 varian yaitu double cabin, pick up dan kendaraan petanian, ini dibuat oleh Sukiya dengan mengusulkan konsep pedesaan.

Menggunkan, diesel 650 cc 1 piston, kejepatan 55 km/jam dengan 1 liter bhan bakar dengan perjalan 30 km. Menggunkan sistem PTo (power take off) yang langsung tersambung dengan mesin di jual dengan harga Rp 50-70 juta.

4. Beta 97

Beta 97 juga salah satu  buatan Indonesia yang proyeknya harus terhenti karena krisis moneter Indonesia.

Mobil ini digarap oleh PT Bakrie Motor, tapi proyek ini terhenti sebelum terhenti beta 97 melakukan berbagai tes, tetapi sayang proyek nasional ini terhenti.

5. GEA

GEA adalah singkatn dari Gulirkan Energi Altenatif sumber tenaga GEA adlah bahan bakar bensin dengan kapasitas 640 cc dengan 2 silinder, GEA adalah mobil berjeni city car yang akan dijual dengan harga Rp 465-50 JUta. Tetapi mobil ini tidk pernah lagi terdengar.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.