Cara Mengganti Rantai dan Gear Motor Dengan Mudah

0

Pada sepeda motor, rantai merupakan komponen yang sangat penting karena memiliki fungsi untuk dapat menghubungkan bagian roda belakang dengan bagian mesin motor, jadi saat mesin motornya menyala, mesin akan ikut memutar roda bagian belakang motor dengan kecepatan yang diinginkan.

Berbeda dengan motor matic, di motor bebek masih ada penggunaan rantai. Untuk kamu yang memiliki masalah pada rantai motor dan ingin menggantinya, berikut ini kami akan menunjukkan kepada kamu bagaimana cara untuk mengganti rantai dan gar motor.

Meski tampak mudah dan sepele, tapi kalau tidak tahu bagaimana cara yang baik dan benar, maka ini bisa membuat rantai tidak terpasang dengan sempurna dan malah menimbulkan kerusakan pada motor.

Berikut informasinya:

Ganti Gear dan Rantai Motor

1.Siapkan Rantai dan Gear

Pertama, tentunya kamu harus menyiapkan rantai dan gear baru yang akan kamu pasangkan pada motor. Sangat disarankan untuk memilih rantai yang sesuai dengan tipe motor kamu agar lebih aman dan nyaman.

2. Siapkan Alat Bantu

Selain rantai dan gear baru, kamu juga harus menyiapkan alat bantu agar kegiatan mengganti gear dan rantai bisa menjadi lebih mudah. Alat-alat yang diperlukan adalah kunci ring, kunci pas, obeng, juga tang.

3.Cari Sambungan Motor

Kalau semua barang sudah ada, maka carilah sambungan dari rantai motor kamu agar nantinya bisa lebih mudah dalam melepas rantai motor itu.

4. Kendorkan dan Lepas Roda

Setelah lepas, kita bisa melakukan mengendoran dan juga lepaskan roda bagian belakang motor. Semua baut yang terhubung dengan bagian roda motor dibuka agar bisa menjadi lebih mudah untuk melepas gear di bagian roda belakang motor.

5. Lepas Cover Pelindung Depan

Kalau baut yang ada pada bagian roda belakang sudah lepas, kini lepas cover gear bagian depan motor. Di dalam cover ada gear kecil yang langsung tersambung dengan bagian mesin. Di sini kamu har us melepas semua baut yang terdapat di gear itu.

6. Lepas Gear Pada Roda

Kalau cover di bagian depan sudah lepas, selanjutnya silahkan lepas gear yang ada di roda belakang dengan buka baut yang merupakan pengikat gear di roda belakang.

7. Ganti Gear di Motor

Kalau semua baut sudah terlepas, silahkan ganti gear di motor dengan gear yang lebih baru.

8. Kencangkan Lagi Baut

Kalau semua gear sudah terganti dengan gear baru, maka sekarang kencangkan semuanya, baik di bagian depan atau pun bagian belakang motor.

9. Pasang Kembali Roda

Setelah gear terpasang, maka sekarang kamu bisa kembali memasangkan roda motor bagian belakang lalu kencangkan bautnya di roda belakang itu.

10. Cari Sambungan Rantai Motor

Kemudian, tinggal pasang rantai motor baru dengan cara mencari dan sambungkan rantai motor itu dan buat rantai agar bisa kencang.

11. Setel Rantai dengan Benar

Kalau sudah memasang rantai, pastikan rantai tersebut terpasang dengan baik dan benar, jangan terlalu kendur dan juga jangan terlalu kencang. Ini agar rantai motor bisa menjadi lebih nyaman ketika berputar menarik di roda belakang.

12. Semprot dengan Pelumas

Terakhir adalah kamu harus menyemprotkan rantai dengan pelumas, gunanya adalah agar rantai bisa menjadi lebih awet serta tidak cepat untuk kendur.

Itulah beberapa tips mengganti rantai motor dengan mudah agar bisa dengan baik dan benar mengganti rantai motor kamu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *