April 23, 2024

Meski Kecil, Inilah Pentingnya Pentil Ban!

0
Pentingnya Pentil Ban

Apakah kamu pernah kena razia pentil ban? Jika iya mungkin kamu bertanya-tanya apa pentingya pentil ban sampai polisi harus melakukan razia akan hal itu. Bahkan ada beberapa orang yang merasa kalai polisi terlalu berlebihan mengenai pentil mobil ini.

Pentil Ban

Tapi tahukah kamu, meski kecil dan sering kali disepelekan, ternyata pentil ban sangatlah penting. Bagaimana bisa?

Pasti kalian sudah tahu kalau tujuan adanya pentil ban adalah untuk mencegah agar udara yang ada di dalam ban tidak keluar dari katup yang ada di ban.

Selain itu, pentil ban juga berfungsi untuk menghindari debu atau air untuk masuk ke dalam karet ban. Bayangkan kalau ban kalian kemasukan air!

Dalam pentil ban yang kecil ini, ada beberapa komponen kecil seperti karet, penonjok, dan per. Lapisan karet yang ada di pentil ini berguna untuk menyumbat udara juga air dan debu agar tidak masuk ke dalam ban.

Fungsi Pentil Ban

Oh ya, bagi kamu yang belum tahu, nama asli pentil ban adalah Valve Cap. Jadi untuk kamu yang heran apa itu Valve Cap, ya itu adalah Pentil Ban guys!

Jika tidak ada tutup Valve Cap atau pentil ini, kmungkinan udara yang ada di dalam ban bisa keluar secara tiba-tiba. Ini tentunya sangat berbahaya, apa lagi kalau kamu suka melewati jalanan yang kurang halus.

Intinya, Valve cap ini akan menjaga komponen di dalam ban agar terhindar dari air, debu, dan keluarnya angin. Jika kamu kehilangan komponen ini, segera beli lagi ya guys! Tenang, harga dari Valve Cap ini tidak sampai Rp5000 kok!

Nah, itulah info seputar betapa pentingnya Valve Cap atau pentil ban. Semoga setelah membaca artikel ini kamu tidak lagi menyepelekan hal kecil satu ini, ya.

Meski ia kecil, bisa dilihat kalau fungsi dari pentil ban atau Valve Cap ini sangatlah penting untuk kendaraan kamu. Tidak mau kan terjadi hal yang tidak diinginkan hanya karena tidak ada pentil ban?

Ingat ya guys, stay safe!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *