Harga Mobil dari Sebelum PPnBM dan Sesudah, Jadi Hemat Berapa?

0

Jika Anda ingin memiliki mobil baru, maka kami sangat menyarankan untuk menahannya hingga bulan Maret. Hal ini dikarenakan pada bulan tersebut sudah dimulai adanya diskon Pajak Penjualan Barang Mewah atau PPnBM, sehingga harga mobil bisa menjadi lebih murah.

Ini adalah aturan yang berlaku untuk mobil yang berada pada segmen ≤ 1.500 cc dengan kategori sedan dan 4×2. Kebijakan ini rencananya akan diberlakukan hingga akhir 2021 dengan besaran dari diskon yang bertahap.

Diskon yang diberikan akan berlaku secara bertahap, di 3 bulan pertamanya (Maret- Mei) akan diberikan penurunan sebesar 100% atau tidak dibebankan PPnBM mobil sama sekali.

Lalu di 3 bulan berikutnya (Juni – Agustus), PPnBM-nya tidak lagi 100% dibebaskan, tetapi mulai dikenakan 50% dari tarif normalnya.

Diperiode terakhirnya hanya akan diberikan diskon atau potongan harga sebesar 25% saja dari tarif normalnya. Setiap bulannya, besaran dari diskon ini akan dievaluasi setiap 3 bulan.

Suswijono Meogiarso, Sekretaris Kemenko Bidang Perekonomian, mengatakan kalau adanya diskon PPnBM ini bisa membuat masyarakat yang ingin membeli mobil mewah jadi hemat sebesar Rp23 juta.

Angka ini didapatkan dari dari harga jual mobil dipasaran yang rata-rata sekitar 251 juta/ unit-nya.

Dengan diskon PPnBM baru ini, maka harga mobil ≤1.500 cc kategori sedan dan 4×2 ini menjadi hanya pada kisaran Rp228 juta sampai Rp229 juta/ unit-nya.

“Harga jualnya kalau tidak ada relaksasi itu kira-kira Rp 251 juta, ini setelah bea balik nama kendaraan, PKB, PPnBM, dan margin untuk penjualan di tingkat dealer dan sebagainya. Jadi ada selisih sekitar Rp 23 juta di sana,” ucap Suswijono.

Selain itu Bank Indonesia juga melakukan pelonggaran terhadap ketentuan uang muka kredit kendaraan menjadi 0% yang paling sedikit. Ketentuan ini akan berlaku untuk kendaraan bermotor baru yang juga akan berlaku dari bulan Maret- Desember 2021.

Itulah perkiraan harga mobil yang bisa Anda beli di bulan Maret tahun ini, kira-kira apakah membuat Anda jadi tertarik untuk memiliki mobil baru?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *