BILA REM BLONG TERJAIDI PADA MOBIL MATIC, INILAH YANG HARUS KAMU LAKUKAN

BILA REM BLONG TERJAIDI PADA MOBIL MATIC, INILAH YANG HARUS KAMU LAKUKAN

Ketika sedang berkendara memang harus mengecek kendaraan, apakah memang dalam keadaan baik atau tidak. Mulai dari gas, rem dan mesin yang lainnya, sebab tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi bila salah satu dari komponen tersebut terdapat kesalahan atau ada tidak berfungsi dengan baik. Salah satunya adalah rem, bila terjadi rem blong pada mobil kamu. Perasaan panik akan menyerang kamu, selain itu bisa menimbulkan dampak yang sangat parah yaitu kecelakaan. Dampak tersebut sangat merugikan diri kamu juga orang lain, maka dari itu mengece kendaraan sebelum berkendara, menjadi hal yang harus dilakukan. Meskipun ini perilaku yang sepele tapi memiliki dampak yang sangat besar.

Rem blong yang biasa terjadi dan menjadi penyebab dari terjadinya kecelekaan ini, bukan hanya menimpa mobil yang berukuran besar. Tetapi rem blong juga menimpa pada mobil matic. Mengapa pada mobil matic, rem blong ini biasanya sering terjadi? Karena penggunaan rem pada mobil matic ini lebih sering digunakan, dari pada mobil manual. Sehingga kampas rem pada mobil matic ini sering kali habis lebih cepat. Bila kampas pada rem itu lebih sering habis memang diwajarkan, karena rem menjadi hal yang sangat penting dan sering untuk digunakan ketika sedang berkendara. Bila hal ini terjadi pada mobil matic, perhatikan hal – hal yang harus kamu lakukan berikut ini.

1.Menyalakan Lampu Hazard

BILA REM BLONG TERJAIDI PADA MOBIL MATIC, INILAH YANG HARUS KAMU LAKUKAN

Ketika rem blong terjadi pada kamu tentunya jangan panik terlebih dahulu. Meskipun memang panik menjadi respon awal yang pasti terjadi ketika keadaan seperti ini, tetapi sebisa mungkin untuk tetap tenang. Agar nantinya tidak menjadi blank fikiran kamu, membuat kamu tidak tahu harus berbuat apa. Pertama kamu harus menyalakan lampu hazard terlebih dahulu, karena ini menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Memberikan informasi kepada pengendara yang lainnya, bahwa kamu sedang berada pada posisis yang berhati – hati. Jadi pengendara lain bisa menjaga jarak dengan kendaraan kamu. Ini memang menjadi hal yang sangat mudah dan tidak sulit untuk dilakukan, tetapi jika kamu berada dalam keadaan panik hal kecil seperti ini tidak bisa terfikirkan untuk kamu lakukan.

2.Menurunkan dengan Perlahan Posisi Gigi

mobil

Saat sedang berkendara, transmisi kamu pasti berada pada posisi “D”. Ketika rem sedang blong, kamu coba untuk memindahkan tuas transmisi dengan perlahan pada posisi “S” atau dua. Karena ketika sedang  berada pada posisi “D” itu kecepatan dari mobil kamu itu cepat, bila sudah berada pada “S” atau dua, maka kecepatan dari mobil itu akan berkurang sedikit demi sedikit.

Setelah kamu memindahkannya, kamu dapat memindahkannya kembali pada posisi “L”, sehingga mobil semakin berjalan dengan pelan. Ketika akan memindahkan ke posisi “L”, usahakan untuk tidak langsung, tetapi bertahap. Agar tidak terjadi perputaran mesin dengan tiba – tiba dan kecepatan malah semakin bertambah kencang.

3.Menarik Tuas Rem Tangan Dengan Perlahan

Setelah kecepatan sudah berkurang, kamu tinggal mengambil langkah untuk menarik tuas rem tangan. Tapi ingat untuk melakukannya secara perlahan, sebab apabila kamu melakukannya dengan sekaligus maka kamu mobil kamu akan terpanting karena rem yang dengan tiba – tiba di tarik.

Jadi untuk menghindari hal tersebut, lakukan dengan secara perlahan. Agar tidak terjadi pantingan yang bisa membahayakan kamu dan juga sekitar kamu.

Itulah cara yang bisa kamu lakukan ketika rem blong pada mobil matic.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *