Kendaraan terkena banjir? Ini hal yang harus diperhatikan

Kendaraan terkena banjir? Ini hal yang harus diperhatikan

Saat ini Indonesia sudah memasuki musim hujan, terkadang beberapa kota diguyur oleh intensitas curah hujan yang cukup tinggi sehingga tak jarang sehabis hujan daerah tersebut digenangi.

Hal itu akhirnya mengakibatkan kendaraan roda 2 maupun 4 yang tak sanggup melewatipun harus menjadi korban. Untuk kamu yang kendaraanya terendam khususnya motor, tidak perlu khawatir, kamu bisa memperbaikinya sendiri, dan tidak sesulit yang dibayangkan.

Hal yang paling penting adalah, jika motor kamu habis terendam banjir, jangan mencoba langsung menyalakannya, karena hal itu akan membuat air akan masuk kedalam ruang mesin sehingga akan menjadi 1 tempat dengan bensin, karena air dan minyak tidak bisa bersatu maka mesin tidak bisa mengkompresi dan akhirnya membuat piston kamu jebol , dan setang piston kamu juga bisa bengkok loh.

Kendaraan terkena banjir? Ini hal yang harus diperhatikan

Hal itu terjadi jika ketinggian banjir mencapai ketinggian 30cm, untuk kamu yang melewati banjir dibawah itu kamu bisa melakukan langkah preventif agar motor kesayangan kamu bisa dihidupkan. Caranya cukup mudah, pertama kamu harus mengecek kebagian karburator dan mesin. Jika kamu menenemukan busi dalam keadaan bahsah kamu bisa melepas busi dan mengeringkannya terlebih dahulu.

Selanjutnya kamu bisa membuang sisa air yang terdapat pada mesin, dengan cara mengengkol motor kamu dalam keadaan busi dilepas, ulangi selama beberapa kali, setelah selesai kamu bisa memasang busi kembali.

Nah diatas itu merupakan langkah yang harus kamu lakukan secara on the spot ketika motor kamu terendam banjir. Berbeda dengan penanganan lebih lanjut berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu pahami.

ganti oli

Yang pertama kamu harus mengecek kondisi oli terlebih dahulu, karena tangka oli berada dibawah maka kemugkinanan besar air bisa masuk dan berncampur dengan oli, hal ini tentu tidak baik untuk keawetan mesin motor kamu, jika kamu menemukan air sudah masuk, maka kamu perlu menguras dan mengganti dengan oli yang baru.

Hal ini merupakan hal yang paling umum dilakukan bahkan ketika kamu membawa motor kebengkel sekalipun ini merupakan penanganan pertama yang dilakukan mekanik

Yang kedua kamu bisa melihat kondisi saringan udara, apabila kondisi saringan dalam keadaan basah kamu harus segera mengganti karena hal tersebut bisa menghambat udara yang masuk.

Selanjutnya kamu bisa membersihkan lebih lanjut karburator kamu, sebenarnya langkah ini akan lebih maksimal apabila kamu memiliki compressor seperti dibengkel, namun untuk kamu yang ingin membersihkan sendiri kamu bisa menggunakan cairan cleaner yang biasa dipakai untuk karburator.

throttle body

Caranya cukup mudah kamu bisa menyempotkan cairan tersebut ke throttle body dari sisa ruang hisap, dan ingat untuk melepasnya dari filter udara tujuannya adalah agar memudahkan kamu saat ingin melakukan penyemprotan.

Langkah selanjutnya adalah menguras tangka bensin, motor yang terendam seluruhnya baisanya akan membuat air masuk juga ketangki bensin, caranya cukup mudah kamu perlu melepas selang bensin, setelah itu buka baut tangka dan buang bensin yang ada didalamya, pastikan kamu menadah bensin yang kamu buang.

Jika sudah selesai kamu tinggal memasang kembali saluran dan rangka bahan bakarnya, jangan lupa untuk memasang kembali moncong dari karbutator ke box filter seperti aslinya.

Demikian lah beberapa tips untuk kamu yang kendaaraanya terkena banjir, jika kamu kesusahan kamu bisa membawa motor kamu kebengkel langganan kamu untuk dibenahi ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *