Tips Berkendara Pada Malam Hari

Tips Berkendara Pada Malam Hari

Sebenarnya melakukan perjalanan jarak jauh menggnakan mobil pada malam hari tidak disaranakan, namun meskipun begitu masih terdapat beberapa orang yang melakukan perjalanan di malam hari.

Hal tersebut didasari beberapa alasan seperti jalanan yang lebih bebas macet pada malam hari atau memang kondisi terpaksa yang mengharuskan untuk menyetir pada malam hari.

Berkendara di malam hari tak bisa dianggap remeh, karena dapat dipastikan rasa berkendara juga akan berbeda bila dibandingkan dengan siang hari.

Nah, pada topik kali ini kami akan memberkan beberapa tips untuk kamu yang ingin berkendara pada malam hari agar tetap aman hingga sampai tujuan

1.Persiapan mobil

Tips Berkendara Pada Malam Hari

Persiapan selalu menjadi yang paling penting untuk memulai segala sesuatu, tak terkecual menyetir pada malam hari.

Tentunya persiapan itu meliputi pengecekan mobil, dan juga fisik, untuk mobil sendiri kamu bisa mengecek mulai dari lampu depan, belakang, dan juga kamu harus memastikan semua lampu indicator tidak ada yang menyala.

Jika ditemukan lampu indicator menyala, lebih baik menggunakan mobil lain, atau membawanya ke tempat service apabila masih sempat, jika tidak bisa melakukan keduanya ada baiknnya perjalanan ditunda terlebih dahulu.

Selain itu kamu juga harus mengecek kondisi ban, baik yang sudah terpasang maupun yang menjadi ban serep, langkah selanjutnya kamu juga bisa memebersihakan kaca mobil kamu agar pandangan menjadi lebih jelas.

Setelah itu kamu juga harus mempersiapkan fisik kamu dalam kondisi yang prima, karena pada dasarnya malam hari merupakan waktu dimana organ-organ tubuh kita harusnya beristirahat, jadi ada baiknya kamu tidak memaksakan apabila mulai merasa Lelah ketika dalam perjalanan.

2.Ketepatan Arah Lampu

Ketepatan Arah Lampu

Tips yang kedua ini merupakan tips yang cukup penting, karena sinar lampu yang tidak diatur dan juga disesuaikan bisa membahayakan pengemudi dari arah berlawanan.

Maka sebelum kamu pergi pastikan kamu menggunakan lampu yang sudah berstandar SNI, dan melakukan pengecekan di bengkel dan apabila kamu menemukan cuttingan lampu mobil tidak rata, maka kamu bisa meminta teknisi untuk menyesuaikannya.

3.Hindari Rokok dan Alkohol

Hindari Rokok dan Alkohol

Yang ketiga ini juga merupakan salah satu hal yang harus diperahatikan, usahakan untuk tidak merokok dalam mobiil karena asap dari rokok mengandung nikotin dan juga karbon monoksida.

Hal tersebut bisa membuat pandangan dari dalam mobil berkurang, dan juga pastikan untuk tidak mengonsumsi alcohol karena itu bisa mengurangi kesadaran.

Jadi pastikan kamu dalam kondisi sedang sehat, tiadk terpengaruh obat-obatan dan sejenisnya ya.

4.Lampu Jauh

Lampu Jauh

Terkadang pada malam hari, beberapa dari kita akan kesulitan melihat objek yang ada didepan, jika kamu merasa ragu dengan ada apa yang ada didepan maka kamu bisa menggunakan lampu jauh.

Lampu jauh juga tak hanya akan membantu kita melihat lebih jelas, tapi juga bisa memberikan sinyal kepada pengendara lain bahwa kendaraan kita juga sedang melaju.

Tapi sangat disarankan untuk tidak menyakannya dalam kedaaan yang sembarangan, karena hal tersebut bisa menyilaukan pengemudi berlawanan, jika hanya dinyalakan sebentar untuk mengecek atau memberi sinyal hal tersebut masih bisa dimakhlumi.

Nah, kira-kira itulah beberapa tips untuk berkendara pada malam hari agar tetap aman dan sampai ditujuan.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu dan bisa menambah pengetahuan kamu, jika kamu melakukan tips diatas maka dipastikan perjalanan kamu akan aman dan jangan lupa untuk berdoa sebelum memulai perjalanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *