Cara Menghilangkan Embun Pada Kaca Saat Hujan

Cara Menghilangkan Embun Pada Kaca Saat Hujan

Sering kali pada musim hujan, kondisi kaca mobil menjadi berembun, yang akhirnya mengakibatkan pandangan dari dalam kabin menjadi berkurang, hal tersebut dikarenakan suhu diluar lebih dingin.

Hal tersebut sebenanrya cukup membahayakan, walaupun banyak yang menganggapnya sepele. Banyak orang akan mengelap embunnya padahal tindakan tersebut hanya menghilangkan embun secara sementara, tak lama embun akan muncul lagi.

Kondensasi merupakan proses dimana terjadinya embun, proses kondensasi pada mobil sendiri terjadi karena perbendaa antara tekanan udara di luar dan di dalam mobil.

Biasanya embun akan terjadi lebih tebal apabila mobil diisi lebih dari satu orang, karena banyaknya hembusan nafas sehingga undara akan mencari titik terdingin dari mobil yaitu terletak pada kaca mobil.

Nah, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah embun berlebih pada kaca mobil. Yuk disimak!

1.AC

Cara Menghilangkan Embun Pada Kaca Saat Hujan

Dengan menghidupkan ac, maka kamu akan menyesuaikan suhu udara dalam kabin, seperti ketika diluar sedang berada pada cuaca yang panas maka ac mobil aka mengubah suhu kabin menjadi lebih dingin.

AC juga bisa menghilangkan embun pada kaca, karena hembusan nafas yang hangat akan segera di netralisir oleh AC.

Bahkan jika kamu mengatur tempratur AC menjadi paling dingin, maka dipastikan embun akan segera menghilang.

Dengan begitu pandangan kamu dalam menyetir akan menjadi jernih kembali dan terhindar dari resiko pengurangan jarak pandang.

2.Buka Kaca Mobil

Buka Kaca Mobil

Langkah ini hanya dilakukan apabila mobil kamu yang kamu gunakan tidak memiliki AC atau AC mobil tersebut sedang bermasalah.

Dengan membuka kaca jendela, maka hal tersebut akan membiarkan udara dari luar masuk dan bisa mengurangi embun yang menempel pada kaca depan kamu.

Hal tersebut baru menjadi kendala ketika sedang terjadi hujan deras, namun kamu tetap bisa membuka sedikit kaca agar udara bisa masuk kedalam kabin.

Setidaknya celah kecil tersebut bisa membiarkan sirkluasi udara dari dalam dan luar kabin saling bertukar.

3.Shampo

Shampo

Shampoo yang sering kamu gunakan untuk membersihkan rambut kamu ternyata bisa mengurangi embun pada kaca depan.

Namun syaratnya shampoo tersebut harus memiliki pH yang dikhususkan untuk mengeringkan uap air.

Karena dengan memiliki pH yang tinggi, maka hal tersebut bisa mengurangi kelembapan pada rambut pengguna setelah keramas.

Cara pakaiya kamu cukup oleskan pada kaca bagian dalam yang sering berembun, setelah itu kamu bisa ap dengan kain yang sedikit lembab dengan gerakan searah agar tidak meninggalkan bekas.

4.Silica Gel

Silica Gel

Alat yang satu ini memang terkenal ampuh untuk menjaga suatu barang dari kelembapan. Nah, kamu juga bisa menggunakan silica gel ini untuk menyerap kelembapan yang terjadi didalam kabin lho.

Kamu bisa meletak silica gel tersebut dengan produk yang mampu menyerap uap air, dan kamu harus menjaga kondisi kabin kamu agar tetap kering.

Sangat tidak disarankan untuk membawa barang lembab seperti payung bekas hujan, dan pastikan kamu sering mejemur alas karpet kaki kamu secara rutin, karena debu bisa menjadi media penampung uap air.

Nah, kira-kira itulah beberapa tips untuk mengurangi efek embun pada kaca depan mobil.

Semoga dengan adanya artikel ini kamu bisa mengatasi masalah yang sering dialami oleh para pengendara mobil pada saat hujan ataupun tidak ya.

Dan dengan adanya artikel ini juga diharapkan pengetahuan kamu semakin bertambah ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *