Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Mengganti Pelek Mobil

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Mengganti Pelek Mobil

Pelek merupakan salah satu bagian yang penting dalam mobil, tanpa bantuan dari pelek mobil tidak akan memiliki alat pijak.

Untuk kamu yang ingin mengubah tampilan mobil kamu menjadi lebih keren, kamu bisa mencoba mengganti pelek kamu dengan model yang lain. Tetapi sebelum mengganti pelek tersebut kamu harus tahu dulu apa kebutuhan dan bagaimana kondisi jalanan yang akan kamu lewati nantinya.

Karena jika kamu menggantinya dengan asal-asalan tanpa mengetahui, hal tersebut bisa menggangu keamaan berkendara kamu, selain itu kenyamananya juga pasti berkurang.

Biasanya orang akan menggantinya ke diameter yang lebih besar, misalnya yang semula 16 diganti menjadi ke ring 18, pergantian ukuran pelek juga nantinya diikuti oleh pergantian ukuran ban karena terjadi peningkatan diameter.

Nah, bagi kamu yang ingin atau sedang berencana untuk mengganti pelek ban kamu agar semakin kece, berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan.

1.Material

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Mengganti Pelek Mobil

Pelek yang dijual dipasaran tentunya memiliki berbagai macam jenis dan penggunaan material yang berbeda juga. Tapi pada umumnya pelek terbuat dari material logam ringan seperti baja, magnesium dan juga perpaduan logam.

Dasarnya ketika kamu mengganti ke pelek yang materialnya lebih ringan seperti yang sudah disebutkan diatas, maka otomatis itu akan mengurangi beban dari mobil secara keseluruhan yang membuat beban kerja mesin berkurang.

2.Desain

Desain

Desain dari pelek pada dasarnya harus didasarkan pada kebutuhan, apakah kamu mencari pelek yang akan digunakan sehari-hari atau sekedar mempercantik mobil kamu.

Di pasaran sendiri, terdapat banyak model variasi desain pelek mulai dari luxury, offroad, sport, dan juga touring, sedangkan untuk modelnya sendiri ada yang berbentuk satu bagian dan juga tiga bagian.

Untuk penggunaan sendiri biasanya model satu bagian akan bertahan lebih lama, hal tersebut dikarenakan pelek sudah di desain sebagai kesatuan utuh tapi memiliki bobot yang lebih berat.

Sedangkan untuk model tiga bagiannya biasanya unggul dalam hal komponen penggantian, karena satu rusak dapat diganti dengan yang baru.

Tetapi semua itu bergantung kembali ke kamu, karena selera orang berbeda-beda.

3.Lebar

Lebar

Mengganti pelek tentunya akan memberikan beberapa pengaruh kepada mobil itu sendiri, satu hal yang perlu diingat adalah jika kamu mengganti dengan ukuran yang lebih besar maka lebar velgnya juga bertambah.

Hal tersebut akan berpengaruh, karena semakin lebar pelek maka daya cengkraman ban juga semakin besar, hal tersebut akan berdampak pada naiknya tingkat body roll dan gejala understeer.

4.PCD

PCD

PCD merupakan Pitch Circle Diamter. PCD pada pelek sendiri mengatur jarak antara lubang satu baut dengan lubang baut lainnya.

Hal tersebut biasanya terlampir dalam spesifikasi dari pelek itu sendiri, misalnya jika tertulis 4 x 100, maka pelek tersebut terdapat 4 lubang dengan PCD 100 mm dan ukuran PCD mengikuti.

5.Kualitas dan Toko

Kualitas dan Toko

Untuk kualitas sendiri, pastikan kamu memilih pelek dengan kualitas original, kamu bisa mengecek seberapa bagus dan halus finishing yang dikerjakan. Biasanya pelek yang buruk akan meninggalkan potongan logam yang cukup kasar.

Saat ini juga banyak produsen local yang membuat velg keren namun tetap berkualitas, tentunya memiliki harga yang bersahabat.

Pastikan juga kamu mengecek toko yang menjual pelek, karena tak jarang toko tersebut mengaku menjual barang original tetapi sebenarnya barang tersebut merupakan barang KW.

Bahkan beberapa penjual merestorasi pelek bekas yang sudah rusak kemudian dijual dengan harga yang tinggi.

Nah, kira-kira itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin mengganti pelek. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *