SIAPA BILANG SULIT MENGENDARAI MOBIL MANUAL? INI DIA CARA MUDAHNYA

SIAPA BILANG SULIT MENGENDARAI MOBIL MANUAL? INI DIA CARA MUDAHNYA

Mengendarai kendaraan pribadi lalu menyetirnya sendiri memang terkadang melelahkan, tetapi mau bagaimana lagi. Karena bila memperkerjakan supir rasanya hanya menambah pengeluaran, juga selama masih bisa dikerjakan sendiri kenapa harus meminta bantuan orang lain. Tetapi yang menjadi hambatan adalah ketika di rumah yang tersedia hanya mobil manual, hambatannya adalah kamu belum bisa untuk mengendarai mobil manual itu sendiri. Karena biasanya kamu mengendari motor pun yang matic, jadi belum ada bayangan apapun tentang menggunakan kendaraan manual. Memang tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau berusaha dan mencobanya, jangan dahulu berfikir bahwa belajar mobil manual itu adalah hal yang menyulitkan. Karena yang sudah terbayangkan jika mendengar manual adalah kopling, dimana sulit untuk menggunakannya.

Kenyataannya aslinya bukan seperti itu, padahal mobil manual itu bisa dipelajari oleh siapapun jika memang ada kemauan. Menyeimbangkan antara injakan gas dan juga kopling itu pasti yang sudah menjadi fikiran dan beban yang terpikirkan bila kamu menggunakan mobi kopling. Padahal ad acara – cara mudah yang dapat kamu ikuti dan terapkan ketika akan belajar mobil kopling. Rasa susah dan beban yang akan kamu jalani tidak akan lagi terasa, yang penting kamu mencobanya terlebih dahulu. Selain itu ketika kamu sedang belajar mobil kopling ini, sebaiknya kamu didampingi oleh orang yang memang sudah ahli dan berpengalaman dalam menggunakan mobil kopling. Agar menghindari kejadian yang tidak diinginkan, karena tetap keamanan itu nomor satu untuk kamu dan juga lingkungan yang berada disekitar kamu. Intip cara – cara mudah belajar mengendarai mobil kopling.

1.Mengenali Fitur – Fitur yang Berada Pada Mobil Kamu

SIAPA BILANG SULIT MENGENDARAI MOBIL MANUAL? INI DIA CARA MUDAHNYA

Menjadi langkah awal yang harus kamu pelajari dan pahami adalah dengan paham dengan fitur – fitur yang berada pada mobil kamu. Karena mobil manual tentunya memiliki perbedaan dengan mobil matic. Selain karena kopling yang membedakan, biasanya pada setiap mobil itu memiliki letak fitur mobil yang berbeda. Salah satu contohnya adalah ada mobil yang tuas lampu sign di sisi kanan kemudi, tapi ada yang di sisi kiri kemudi.

Hal – hal sepele seperti ini harus kamu perhatikan agar tidak salah dalam menggunakan dan tidak merasa kebingungan. Selain itu sebelum berkendara kamu cek terlebih dahulu klasok, rem tangan, lampu hazardnya apakah mereka berfungsi dengan baik atau tidak.

2.Belajar Menyeimbangkan Gas  dan Pedal Kopling Sampai Lancar

Belajar Menyeimbangkan Gas  dan Pedal Kopling Sampai Lancar

Merupakan kunci dari segala kunci untuk dapat mengendarai mobil manual. Agar mobil tersebut dapat maju kamu tentunya  harus bisa menyeimbangan gas juga pedal kopling, sehingga mobilnya bisa melaju. Disini kamu harus merasakan dengan baik, apakah saat kamu menginjak gasnya secara pelan – pelan dan juga kopling yang turut dilepaskan secara perlahan sudah seimbang atau belum.

Karena bila kamu tidak melakukannya dengan seimbang, maka mobil tersebut bisa mati tiba – tiba. Memang tidak akan langsung bisa untuk hal yang satu ini, tapi kamu dapat terus berlatih untuk bisa menyeimbangkan dengan pas.

3.Memindahkan Gigi

Memindahkan Gigi

Terdapat enam gigi yang berada pada manual, satu giginya digunakan untuk mundur. Kamu harus terbiasa saat memindahkan giginya, karena ini pasti akan sering kamu lakukan. Usahaka ketika kamu memindahkan gigi itu ketika putara mesin rendah. Ini diberlakukan supaya saat memindahkan gigi itu terasa halus. Meskipun tidak menutup kemungkinan untuk kamu yang ingin memindahkan gigi saat putaran mesinnya sedang tinggi.

Itulah cara – cara mudah untuk belajar mobil manual, banyak berlatih dan jangan mudah menyerah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *