KNALPOT MOTOR TETAP BERSIH? INI CARA MERAWAT KNALPOT YANG TEPAT

KNALPOT MOTOR TETAP BERSIH? INI CARA MERAWAT KNALPOT YANG TEPAT

Bukan karena knalpot itu memang tempatnya untuk mengeluarkan asap, jadi tidak pernah diperhatikan kebersihannya. Selain itu juga tidak dipelihara dengan baik, padahal knalpot juga membutuhkan pemeliharaan yang tepat dan perawatan yang terbaik. Sehingga knalpot pada motor kamu bisa awet dan bertahan lama, jadi kalau dilihat keseluruhan motor kamu bersih juga rapi. Meskipun knalpot tetapi ada cara – cara yang tepat untuk bisa merawatnya. Karena knalpot itu berada pada bagian motor luar, sehingga menjadi barang selalu terkena debu, air hujan, dan sebagainya. Membuat knalpot seharunys memiliki hak untuk dibersihkan oleh para pemilik motornya, selain menghasilkan suara serta debu dari mesin motor. Knalpot juga membutuhkan perawatan yang benar dan tepat. Sama halnya seperti bagian motor yang lainnya.

Bahan knalpot itu berasal dari besi, sehingga menjadikannya mudah berkarat juga adanya kebocoran. Dan bila ini terjadi akan mendapatkan beberapa dampak negative untuk keberlangsungan dari motor kamu. Tentu hal ini seperti harus dihindari agar tidak terjadi, jangan sampai sudah berkarat dan bocor  baru kamu memperbaikinya. Alangkah lebih baiknya untuk menjaga dan merawatnya, pengeluarannya pun tidak akan sebesar memperbaiki. Intip cara – cara merawat knalpot yang tepat, sehingga terhindar dari karat dan bocor. Jangan lupa untuk menerapkannya pad a motor kamu.

1.Membersihkan Knalpot Ketika Sudah Kehujanan

KNALPOT MOTOR TETAP BERSIH? INI CARA MERAWAT KNALPOT YANG TEPAT

Sudah dibahas diatas bahwa knalpot menjadi hal yang banyak terkena sesuatu dari luar, salah satunya adalah air hujan. Apalagi sekarang sedang berada pada musim hujan, jadi kamu harus rajin mengelapnya saat motor kamu sudah menerjang hujan. Ini bermanfaat agar knalpot pada motor kamu tidak mengalami karatan. Yang tentunya mengurangi keindahan dari motor kamu karena ada bagiannya yang berkarat.

Memang tidak semua motor memiliki knalpot besi, jadi ini untuk kalian yang motornya berknalpot besi kamu harus rajin mengelapnya saat sudah terkena air hujan. Bila itu dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, dampak yang akan diberikan kepada knalpot kamu adalah lubang yang muncul. Caranya mudah kamu siram dengan menggunakan air bersih, setelah itu lap sisa air yang ada dengan kain sampai knalpot kamu kembali dalam keadaan kering lagi.

2.Sudah Digunakan ke Pantai, Jangan Lupa Membilasnya Agar Tidak Berkarat

Air pantai yang mengandung garam itu bisa memberikan dampak korosi yang lebih kuat bila dibandingkan dengan air hujan. Sehingga proses untuk menjadi karatan menjadi lebih cepat terjadi. Pada area leher knalpot itu menjadi area yang mudah terjadinya karatan. Kalau kamu membiarkan ini dalam waktu yang lama, maka knalpot kamu dapat patah lama kelamaan.

Cara untuk membersihkannya tidak jauh berbeda denga yang sebelumnya. Jangan lupa untuk lebih teliti kepada setiap areanya, lalu lap sampai kering. Selain menyebabkan karatan pada knalpot air garam juga bisa membuat motor rentan terkena jamur dan rantai motor memiliki risiko putus. Jadi, rawat dengan baik saat motor sudah digunakan dari pantai.

3.Mengolesi Leher Knalpot Menggunakan Oli

Manfaat yang akan dirasakan saat mengolesi leher knalpot dengan menggunakan oli adalah menjadi lebih awet. Karena dapat menghilangkan dan mencegah karatn yang belum ada mau pun yang sudah ada.

Caranya dengan kamu memanaskan motor terlebih dahulu, setelah itu kamu belikan oli pada leher knalpot. Jadi oli tersebut akan mudah bereaksi dan karat pun menjadi leleh karena terkena oli yang panas.

Sekian cara untuk merawat knalpot motor yang tepat, yang bisa kamu terapkan kepada motor kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *