Kesalahan Kecil Ini Bisa Bikin Motormu Rusak, Hati-Hati!

Kesalahan Kecil Ini Bisa Bikin Motormu Rusak, Hati-Hati!

Sepeda motor menjadi salah satu kedaraan yang banyak diandalkan oleh masyarakat untuk beraktivitas.

Cara pengoperasiannya yang tergolong mudah, harganya yang lebih murah dibanding mobil, dan perawatannya juga terbilang gampang menjadi beberapa alasan kuda besi sangat digemari.

Kesalahan Kecil Yang Bisa Merusak Motor

Kesalahan Kecil Ini Bisa Bikin Motormu Rusak, Hati-Hati!

Namun, banyak pemilik yang masih mengabaikan kesalahan-kesalahan yang bahkan tidak disadarinya, sejatinya bisa merusak motor.

Nah, di bawah ini ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik motor tanpa sadar yang bisa merusak motor kesayangan:

1.Menunda Isi Angin

Menunda Isi Angin

Ban terasa aneh, moto juga sering kurang stabil saat melaju kencang. Jika kalian pernah merasakan hal ini, artinya ada tekanan angin yang kurang pada ban.

Walaupun motor masih bisa digunakan karena ban tidak bocor, namun terus menggunakan motor saat ban kurang angin bisa membuat ban dalam mudha terkoyak dan velg rawan bengkok.

2.Menggunakan Bensin Oplosan

Menggunakan Bensin Oplosan

Niat hati ingin lebih hemat dengan membeli bensin eceran, kamu bisa jadi malah ‘mencelakai’ motor sendiri. Kebanyakan bensin eceran bukanlah bensin murni dan sudah dioplos dengan bahan lain.

Jika terus memakai bensin semacam ini, bagian mesin motor akan mudah rusak dan mengalami korosi.

Jadi lebih baik mengeluarkan uang lebih untuk membeli bensin di SPBU demi membuat motor kesayangan lebih awet.

3.Mencuci Motor di Bawah Terik Matahari

Mencuci Motor di Bawah Terik Matahari

Kebanyakan orang mencuci motornya di bawah terik matahari dengan tujuan motor cepat kering. Namun hal ini ternyata salah besar.

Mencuci motor di bawah terik matahari bisa membuat warna bodi belang, terlebih lagi jika kamu menggunakan sembarang sabun dan bukan yang dikhususkan untuk motor.

4.Menggunakan sparepart palsu

Menggunakan sparepart palsu

Harga sparepart palsu alias KW memang jauh lebih terjangkau. Si penjual pun sering mengklaim bahwa sparepart KW tidak jauh beda kualitasnya dengan sparepart asli.

Namun tanpa disadari, motor pun jadi lebih mudah rusak dan akhirnya kamu malah lebih banyak mengeluarkan uang untuk reparasi.

5.Menunda Mengganti Oli

Menunda Mengganti Oli

Terlambat mengganti oli akan menyebabkan mesin menjadi cepat panas karena oli tidak bisa mendinginkan mesin dengan baik.

Hal ini tak boleh dibiarkan terus menerus karena komponen motor bisa rusak. Salah satu contoh kerusakan pada kepala silinder yang akan melengkung.

6.Ngebut Saat Mesin Masih Dingin

Ngebut Saat Mesin Masih Dingin

Ketika buru-buru memang enak ya rasanya untuk ngebut. Namun, pengendara yang baik harusnya mengendarai dengan normal dulu sebelum semakin kencang agar panasnya pas.

7.Ketika kendaraan sudah terlalu panas tidak di-cool down

Ketika kendaraan sudah terlalu panas tidak di-cool down

Nah, beda lagi jika kamu sudah ngebut-ngebutan sehingga kendaraanmu panas banget, mengistirahatkannya adalah hal penting.

Bukan hanya saat selesai ngebut, saat kamu berpergian dengan jarak jauh, kendaraan perlu di cool down agar mesin tidak over heated atau kepanasan.

8.Mengendarai Dengan Jarak Yang Sangat Dekat

Mesinmu gak sempat panas sudah kamu matikan. Hal ini justru menggerus mesinmu. Kenapa? Karena oli dalam kendaraanmu gak sempurna untuk melumeri mesin.

9.Membiarkan kendaraan dalam keadaan kotor

Membiarkan kendaraan dalam keadaan kotor

Saat orangtuamu meneriaki untuk membersihkan kendaraanmu, maka lakukanlah. Memang rasa malas pasti ada, namun kendaraan kotor justru akan merugikanmu.

Mesin kendaraanmu bisa jadi sangat berat karena debu juga masuk ke dalamnya. Hal lain adalah pergerakan kendaraan jadi kurang sempurna.

10.Jangan Sembarangan Cat Kendaraan

Jangan Sembarangan Cat Kendaraan

Cat ternyata bisa memengaruhi kerja kendaraanmu. Ada baiknya jika mau custom kendaraan, memilih garasi atau bengkel yang sudah profesional. Memang kamu butuh uang lebih banyak, tapi keamanan kendaraanmu terjaga.

Itulah 10 kebiasaan kecil yang bisa merusak motor kita. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *