Tips Untuk Mengenali Kaki-Kaki Mobil Mulai Bermasalah

Tips Untuk Mengenali Kaki-Kaki Mobil Mulai Bermasalah

Pada umumnya, mobil memiliki komponen yang saling mendukung agar mobil bisa berjalan dengan optimal.

Namun setiap komponen tersebut tentunya memiliki masa umurnya sendiri, hal tersebut bisa dipengaruhi dari factor pengunaan dan juga usia.

Misalnya kondisi jalan yang sering rusak, berlubang bisa mengakibatkan kaki-kaki menjadi bagian yang sangat bermasalah pada mobil.

Kaki-kaki dari mobil sangat menentukan pengalamaan berkendara yang sangat menganggu apabila bagian tersebut mengalami masalah.

Apalagi ketika kamu membeli mobil dalam keadaan bekas, salah satu bagian yang harus sangat diperhatikan adalah kaki-kaki mobil tersebut.

Nah, dibawah ini adalah beberapa tips untuk mengecek kaki-kaki kamu apakah bermasalah atau tidak. Yuk disimak!

1.Komponen kaki-kaki mobil bagian suspense

Tips Untuk Mengenali Kaki-Kaki Mobil Mulai Bermasalah

Suspensi merupakan komponen yang berfungsi untuk meredam segala macam goncangan yang terjadi akibat jalanan yang tidak mulus.

Bahan yang digunakan untuk membuat suspense sendiri adalah dari baja anti karat yang memiliki ketahanan yang amat sangat baik.

Tentu meskipun diciptakan untuk meredam guncangan, pengunaan yang terlalu lama akan berakibat pada penurunan performa dari suspense itu sendiri.

Ketika performa mulai turun, maka kendaraan mulai terasa limbung dan sangat membahayakan apalagi ketika sedang dalam kecepatan yang tinggi.

Untuk cara yang paling mudah adalah kamu bisa mendengarkan apakah terdapat suara yang muncul, selain itu kamu juga memacu mobil dikecepatan yang cukup tinggi pada jalanan lurus jika terasa limbung maka mobil kamu sudah memasuki umurnya.

2.Bushing arm

Bushing arm

Bushing arm sendiri bagian dari komponen mobil yang berfungsi sebagai titik tumpu roda dengan lengan pengcengkram roda.

Komponen ini bentuknya seperit selongsong besi dan juga disokong oleh karet, alat ini juga berfungsi untuk meredam getaran yang terjai pada antar komponen suspense pada bagian kaki-kaki mobil.

Jika bagian ini mulai mengalami kerusakan, biasanya efek yang ditimbulkan adalah rasa tidak nyaman saat sedang berkendara, dan juga terdapat suara bising yang membuat mobil terasa tidak nyaman.

Cara paling mudah untuk mengetahui bagian ini bermasalah atau tidak adalah dengan mengamati arah laju mobil yang sedang dikendarai, apabila dirasa melenceng ke kanan atau ke kiri maka bushing tersebut harus segera diperbaiki.

3.Bearing

Bearing

Selanjutnya bagian yang penting adalah bearing, bagian yang ini komponen yang berfungsi sebagai bantalan di roda sehingga sangat berpengaruh pada putaran roda.

Bearing juga berfungsi sebagai kestabilan laju mobil, dan cara untuk melihat apakah komponen yang satu ini rusak atau tidak adalah dengan memerhatiakn putaran roda satu per satu.

Kamu juga bisa mengdongkrak ban mobil satuper satu dan putar secara manual, jika terasa terdapat suara gemuruh dan bising maka bearing dari mobil kamu harus segera diperbaiki.

4.Ban

Ban

Sejauh ini kita sudah membahas komponen bawah dari sebuah mobil, dan salah satu yang tak bisa dilewatkan adalah ban.

Biasanya setelah melakukan perjalanan Panjang salah satu bagian mobi yang paling berubah adalah ban mobil, hal tersebu dikarenakan ban yang mendapatkan gesekan langsung dengan aspal dan memiliki porsi kerja yang lebih berat.

Sebaiknya ketika menemukan kerusakan, segera lakukan penggantian dan jangan diperbaiki, karena rasa tidak nyaman tersebut bisa muncul kembali.

Nah, kira-kira itulah beberapa tips untuk melihat apakah kaki-kaki mobil kamu bermasalah atau tidak.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi tambahan untuk kamu,  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *