SIMAK TENTANG CARA UNTUK MERAWAT MOBIL MATIC AGAR TETAP TERJAGA

SIMAK TENTANG CARA UNTUK MERAWAT MOBIL MATIC AGAR TETAP TERJAGA

Mobil sudah lama tidak digunakan, karena memang sudah lama tidak keluar rumah. Mungkin dari luar mobil kelihatan baik – baik saja, tetapi mesin didalamnya bisa jadi rusak.  Karena sudah lama tidak digunakan, sehingga mesinnya menjadi dingin. Meskipun mobil tidak digunakan, seharunya merawat mobil itu tetap dilakukan agar bisa tetap terjaga. Bila sewaktu – waktu akan menggunakannya tidak merasa ada yang janggal karena mesinnya yang jarang dipanaskan, jika sering dirawat dan diperhatikan maka kamu akan mendapatkan rasa berkendara yang nyaman juga aman. Setiap barang itu tentunya harus dirawat dan dipelihara, tentunya pemeliharaan itu diberlakukan menyesuaikan dengan barang tersebut. Tidak bisa semuanya disama ratakan, karena mereka memiliki porsinya masing – masing.

Terdapat dua jenis mobil yaitu mobil matic dan juga manual. Jika mobil matic bisa kamu rawat transminya dengan baik, maka akan memberikan keuntungan kepada pemiliknya. Tentunya keuntungan – keuntungan itu tidak sert merta dapat didapatkan dengan mudah. Harus ada pengorbanan yang dilakukan tentunya. Pengorbanan tersebut dalam segi niat dan juga waktu, yang dimana kamu harus bisa meluangkan waktu untuk bisa merawat dan menjaga mesin dari mobil matic kamu agar tetap memberikan tenaga yang baik. Juga bisa digunakan dalam keadaan yang baik – baik saja. Ini harus dilakukan dengan rutin dan juga disiplin, agar hasil yang diberikan juga maksimal. Berikut adalah cara untuk merawat mobil matic agar transmisinya tetap terjaga dan nyaman untuk kamu kendarai.

1.Mengganti Oli Transmisi Secara Berkala

SIMAK TENTANG CARA UNTUK MERAWAT MOBIL MATIC AGAR TETAP TERJAGA

Mengganti oli sepertinya sudah menjadi keharusnya untuk setiap mobil, karena ini menjadi faktor penting untuk bisa menjaga transmisi dari mobil, khususnya adalah mobil matic. Jika kamu kebingungan kapan harus mengganti oli, kamu bisa menghitungnya dari jarak tempuh selain itu bisa dari lama atau tidaknya kamu menggunakan mobil. Kamu harus melakukan pergantian oli secara teratur, jangan sampai menunggu mesin kamu terasa tidak enak dulu baru menggantinya.

Bila kamu tidak terlalu sering dalam menggunakan mobil, bila dihitung dari jarak tempuh itu per 50.000 km. Lain ceritanya bila mobil tersebut sering kamu pakai, sehingga mengganti olinya harus kamu lakukan tanpa harus jarak tempuhnya hingga 50.000 km. Carilah kualitas oli yang terbaik, jangan asal mencari yang murah tanpa tahu kualitas dari oli tersebut.

Untuk kamu yang ingin memerikan oli transmis pada mobil melalui dipstick. Lihatlah volume oli bila berada dibawah garis oli rendah, artinya adanya kebocoran. Bila oli warnanya berubah jadi cokelat susu, menandakan oli tersebut menyatu dengan air. Ganti oli agar tidak ada karat.

2.Memposisikan Tuas Transmisi Dengan Benar

Memposisikan Tuas Transmisi Dengan Benar

Ketika posisi mobil sedang diam atau berhenti memang bukan untuk jangka waktu yang lama, ada baiknya untuk mengubah tuas transmisi diposisi Netral. Karena bila berada pada posisi Drive, kanvas dari kopling akan terus mengalami gesekan. Tentunya ini tidak baik.

3.Memanaskan Mobil Sebelum Dipakai

Memanaskan Mobil Sebelum Dipakai

Biasakan untuk memanaskan mobil sebelum dipakai, agar kualitas dari mobil tersebut tidak menurun. Ketika sedang memanaskna mobil jangan lupa tuas transmisi harus berada pada posisi Netral. Bila mobil tidak akan digunakan pun sebaiknya memanaskan mobil di pagi hari untuk tetap menjaga performa dari mobil matic tersebut.

Itulah cara untuk merawat transmisi mobil matic agar tetap terjaga performanya, jangan sampai meremehkan hal yang sepele ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *