Hindari Hal Ini Agar Aki Mobil Tidak Cepat Kering

Hindari Hal Ini Agar Aki Mobil Tidak Cepat Kering

Salah satu komponen dalam kendaraan baik itu roda dua maupun empat adalah aki. Aki sendiri juga membutuhkan perawatan dan biasanya merupakan komponen yang sering diganti, karena sebuah aki memiliki masa umur penggunaan.

Pada umumnya, aki yang bersifat kering akan bisa bertahan selama kurang lebih dua tahun, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa aki dapat lebih cepat habis dari waktu yang sudah ditetapkan.

Karena ketika aki sudah soak, besar kemungkinan kamu tidak bisa menstarter mobil kamu dikarenakan daya listrik yang tidak mencukupi.

Aki yang soak atau rusak tersebut bisa terjadi dikarenakan beberapa factor, misalnya kecerobohan dari pengguna itu sendiri, kerusakam, cacat produksi, kesalahan kecil, dan menambah aksesoris yang tidak disarankan penggunaanya.

Nah, supaya kamu tidak kebingungan, berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu hindari agar aki kamu bisa bertahan hingga waktu yang sudah ditetapkan oleh pabrikan. Yuk disimak.

1.Kelalaian pengguna

Hindari Hal Ini Agar Aki Mobil Tidak Cepat Kering

Factor paling memungkinkan yang menyebabkan aki menjadi cepat kering adalah kelalaian pengguna, misalnya saat pengendara lupa mematikan lampu kabin saat meninggalkan mobil.

Mengecas handphone terlalu sering di mobil juga dapat menguras aki, memang pada sekarang ini banyak mobil sudah dilengkapi dengan dc port atau bahkan usb port untuk mendukung fitur pengisian daya ulang, namun sebaiknya jangan terlalu sering digunakan.

Hal tersebut tentunya akan membuat aki cepat habis, dan ketika aki sudah habis maka besar kemungkinan mobil tidak akan bisa distarter atau dinyalakan.

2.Rentang pemakaian mobil

Rentang pemakaian mobil

Terlalu sering menggunakan mobil dalam jarak yang pendek ternyata juga bisa menyebabkan aki cepat soak loh, hal tersebut dikarenakan alternator tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengisi ulang baterai aki secara penuh.

Mobil yang jarang digunakan juga bisa menjadi salah satu factor aki cepat kering, jika kamu terlalu sering mendiamkan mobil digarasi kamu dan hanya dipanaskan saja maka supply listrik yang diperlukan untuk mengisi ulang aki tersebut tidak cukup dan juga bisa menyebabkan aki tersebut menjadi soak.

3.Cacat Produksi

Cacat Produksi

Cacat produksi juga bisa menjadi penyebab aki menjadi soak, biasanya aki kering diciptakan dan mampu bertahan hingga 30.000 kilometer, atau kurang lebih dua tahun.

Apabila aki kamu rusak dalam waktu kurang dari dua tahun dan kamu merasa menggunakan kendaraan kamu dengan baik dan benar,  ada baiknya kamu konsultasikan ke bengkel yang sudah menjadi langganan kamu untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

4.Sistem Pengisian Aki Tidak Normal

Sistem Pengisian Aki Tidak Normal

Kerusakan aki juga bisa terjadi karena system pengisian aki yang normal, hal tersebut bisa terjadi karena pengisian suplai kelistrikan atau saat dikeluarkan berlebih, hal tersebut membuat aki menjadi lebih cepat rusak/

Jika sudah terjadi kondisi yang seperti itu, perlu langkah lebih lanjut yaitu pengecekan secara menyeluruh misalnya seperti kiprok atau spull mobil.

Masalah yang terjadi tersebut sebenarnya masih bisa kamu tangani sendiri dirumah dengan memperhatikan instruksi yang  ada sehingga kamu bisa lebih menghemat biaya.

Apabila kamu merasa kurang yakin dengan kemampuan kamu, mungkin kamu bisa membawa ke bengkel kesayangan kamu dan melakukan konsultasi

Pastikan juga kamu melakukan pengecekan secara rutin meskipun umur dari aki sudah ditetapkan dari pabrikannya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Nah, kira-kira itulah beberapa hal yang menyebabkan aki menjadi soak dan harus dihindari. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang membutuhkan informasi tambahan ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *