Tips Berkendara Jarak Jauh

Tips Berkendara Jarak Jauh

Berkendara jarak jauh bukanlah lagi hal yang asing bagi para pemilik kendaraan pribadi. Hal tersebut biasanya mereka lakukan entah di hari raya ataupun liburan.

Tak sedikit pemilik kendaraan pribadi lebih memilih menggunakan mobil mereka sebagai transportasi, dengan berbagai alasan yang beragam seperti menghemat biaya, merasakan pengalaman baru, ingin berkunjung ke tiap-tiap kota sebelum kota tujuan.

Namun, untuk kamu yang ingin melakukan perjalanan jarak jauh, kamu harus memerhatikan beberapa hal agar kendaraan yang kamu pakai nantinya tetap nyaman dan aman selama perjalanan berlangsung.

Untuk itu mari simak sedikit tips dibawah ini

Mengecek Kendaraan

Tips Berkendara Jarak Jauh

Ada baiknya sebelum kamu melakukan perjalanan dengan jarak yang jauh, kamu harus mengecek kondisi kendaraan kamu terlebh dahulu, pastikan kondisi mesin dan komponen lainnya bekerja dengan baik, jika menemui kerusakan segera bawa ke bengkel terdekat.

Istirahat secara berkala

Istirahat secara berkala

Biasanya para pengemudi akan melanjutkan terus-menerus perjalanan entah siang ataupun malam.

Namun hal tersebut tidak disarankan apalagi pada malam hari, dikarenakan tubuh kita membutuhkan istirahat, waktu yang dianjurkan untuk berkendara hanya 2 jam, setelah itu biasanya tubuh akan kehilangan focus.

Jadi ada baiknya setiap dua jam, kamu berhenti sejenak untuk merilekskan tubuh kamu

Selain itu pada malam hari pandangan kita akan berkurang, banyak factor yang menjadikan pandangan berkurang seperti mengantuk, Lelah, lampu jalan yang kurang terang, blindspot yang disebabkan kontur jalan.

Kondisi Fisik

Kondisi Fisik

Selain kondisi kendaraan yang perlu kamu perhatikan, kondisi tubuh kamu juga harus menjadi perhatian lebih karena kamu akan bertugas sebagai pengemudi yang memakan banyak tenaga dan focus.

Kamu bisa melakukan olah raga sebelum hari h, cukup dengan olah raga santai seperti jogging ataupun angkat beban itu akan membuat tubuh lebih fit.

Selain itu kamu juga bisa mengatur posisi berkendara yang nyaman dikarenakan kamu akan duduk disana selama berjam-jam, kamu bisa mengatur jarak dari bangku ke setir, ketinggian bangku, tingkat kerebahan dan lain-lain.

Peralatan Pendukung

Peralatan Pendukung

Tak lupa, jika kamu ingin berpergian dengan jarak yang jauh, maka sangat disarankan untuk membawa beberapa peralatan darurat sendiri, hal ini dilakukan karena tidak semua tempat kamu singgah nantinya akan memiliki fasilitas yang kamu butuhkan dalam keadaan darurat.

Pastikan juga kamu mengecek pajak STNK kamu, SIM, dan tak lupa membawa Tool kit sederhana, bahkan sampai P3K. hal tersebut untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan seperti kata pepatah “Sedia payung sebelum hujan”

Kendalikan diri

Kendalikan diri

Sebenarnya emosi bukan hal yang salah ketika kamu sedang mengemudi, hal tersebut disebabkan oleh banyak factor salah satunya kelelahan.

Saran kami ada baiknya kamu harus mengendalikan emosi kamu apabila kamu menemui kendaraan yang melaju ugal-ugalan dan membahayakan sebaiknya beri ruang untuk mereka melaju, sehingga kamu bisa melanjutkan perjalanan kamu dengan santai dan tanpa perlu membuang tenaga hanya untuk marah-marah.

Kecilkan suhu

Kecilkan suhu

Hal ini sebaiknya kamu lakukan pada malam hari, mengingat pada malam hari sudah tidak ada matahari yang membuat suhu akan terasa lebih dingin, hal tersebut untuk menghindari kamu dari masuk angin.

Dan biasanya jika tubuh terlalu lama terpapar suhu kabin yang dingin maka akan membuat otot-otot dan sendi semakin kaku, dan sirkulasi darah menjadi terhambat.

Jika pada siang hari mungkin kamu bisa menggunakan suhu ac yang cukup besar.

Nah, kira-kira itulah beberapa tips sebelum berkendara jarak jauh. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *